Friday 21 May 2010

Nasionalisme ala IP Man

Semoga tidak terlalu berlebihan judulnya, hanya ingin membuat sedikit berbeda dari sekedar resensi film, ya film, baru saja selesai nonton film IP Man 2. overall lumayan, ini dari kacamata penikmat film amatir sih,...hehehe,.dari sisi aksi bagus, karena memang kalo film aksi laga, model-model kungfu seperti Donnie Yen, si pemeran utama film, ataupun Jet Lee, aktor laga lainnya, lebih menarik dari kungfu model Jacky Chan, walaupun saya juga suka film-filmnya Jacky Chan. Dari sisi cerita, sangat terlihat jelas soal nasionalisme China yang coba disebarkan dan ditunjukkan ke seluruh asia, atau mungkin dunia kalau film ini masuk box office.

Sebenarnya kalau soal ide cerita saya yakin Indonesia juga memiliki banyak potensi, mulai dari kisah si Pitung, si Jampang, atau mungkin sampai guru-guru perguruan silat yg cukup banyak di Indonesia. Kalau soal isi cerita atau naskah, saya yakin Indonesia punya banyak bakat meningat film-film Indonesia yg juga mendapat penghargaan Internasional, yg menjadi masalah mungkin soal aktor laganya, kalau cuma dicari yang jago silat, pasti banyak, cuma kalau yg jago silat plus pandai berakting, kok sepertinya jarang atau justru tidak ada.

Mengingat kembali film laga terakhir dari Indonesia "Merantau", aktornya punya aksi laga yg bagus, tapi sayang soal akting masih terlihat kurang dibandingkan aksi laganya.

Harapanku, semoga film-film Indonesia yg dari judulnya saja sudah bikin 'eneg', gak ada yang nonton, supaya para produser, sutradara, dan penulis naskah terpancing meningkatkan kualitas film-film produksinya dan bahwa film-film sampah yang hanya menonjolkan keelokan aktrisnya saja tidak akan ditonton orang Indonesia.

1 comment: