Monday 9 December 2013

Affiliate Marketing, apa itu?

Hari minggu kemarin baru saja mengikuti workshop Yubi Affiliate Marketing mumpung masih anget akan saya share di blog ini, nggak nyangka sebenarnya kalau affiliate marketing bisa dibikin sederhana, karena sebelumnya pernah dapat video tutorial topik yang sama, jumlahnya ada 20 an part video dan terkesan rumit sekali, yang awalnya semangat mau belajar dan mempelajari jadi down duluan. Lantas apa sih affiliate marketing?apa itu YuBi?
Affiliate marketing sudah lama dan sudah populer di negara-negara dengan jumlah netizen(Warga Internet) banyak, Indonesia pun juga sudah banyak netizen nya tetapi belum banyak yang menggarap lahan affiliate ini karena kecenderungan belanja online belum se-semarak negara lain, tapi toh lahan masih luas dan menunggu siapapun yang mau action untuk menambah penghasilan via internet dimana salah satunya adalah affiliate marketing. Inti dari affiliate itu kita ikut memasarkan produk orang lain dengan komisi sekian persen dari harga jual kalau produk berhasil terjual,terus darimana penjual tahu barangnya laku karena kita yang promokan?sebelumnya kita harus daftar dulu ke website e-commerce yang support affiliate,begitu apply diterima, maka kita akan memperoleh link affiliate dari setiap produk dengan referensi khusus, jadi semisal ada pembeli yang belanja online ke website itu karena menge-klik link affiliate dari kita, komisi akan didapatkan dari hasil penjualan. Sedangkan YuBi adalah kependekan dari YukBisnis.com, website e-commerce asli Indonesia, mungkin belum banyak yang dengar karena memang masih terhitung baru, pernah dengar amazon.com kan?nah hampir sama, hanya saja YuBi ini buatan Indonesia dan semua produk yang dijual adalah produk-produk andalan anak negeri asli Indonesia, tidak ada merk Import.

Dimulai dari basic online marketing, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah.
1. Membangun Audiens,atau mencari target pasar dimana kita akan memasarkan produk.
    Cari niche market (pasar spesifik),ini unsur-unsur yang perlu dilihat untuk menentukan niche market     nya
    - Demografi, apa gendernya, usia rentang berapa, wilayah mana,
    - Psikologis, untuk status sosial, kebanggaan atau alasan emosional
    - Kebutuhan spesifik, nah ini soal apa yang di mau pasar.

Cara gampangnya bisa dipraktekkan langsung, buka aja search.twitter.com, terus ketik saja hal-hal yang spesifik, misal jilbab pashmina atau alergi susu sapi, maka akan muncul tweet-tweet dari orang-orang yang sedang membicarakan atau membutuhkan info yang berkaitan dengan jilbab pashmina atau alergi susu sapi, disitulah kita masuk dan berinteraksi, itulah target marketnya, tapi ingat lakukan promo dengan etika, jangan asal menyuruh untuk membeli produk anda atau menunjukkan link affiliate anda, karena itu tidak sopan, follow dulu, ajak komunikasi, minimal di tweet kedua baru tawarkan info link affiliate.

Cara gampang kedua adalah menggunakan advanced search di twitter, dengan cara ini bisa ketemu target pasar yang lebih spesifik lagi, tapi cara ini tidak bisa saya jabarkan disini, perlu ada gambar, agak panjang dikit, dan....biar anda juga makin penasaran, hihihi

2.Pilar Online yang bisa dipakai untuk online marketing
 - SEO
 - Sosial Media
 - Iklan
 - Content + Copywriting

Optimasi Sosial Media

1. Memanfaatkan keyword

Buka site ubersuggest.org, ketikkan nama produk yang akan anda jual, ubersuggest akan menunjukkan 10 kata pencarian via google yang paling sering muncul, gunakan itu untuk membuat headline atau judul dari iklan, karena yang akan dibahas iklan via Facebook Ads, gunakan kata hasil dari ubersuggest untuk nama fan page di FB,syarat untuk bisa membuat iklan di FB adalah harus punya FB fan page.

2. sampaikan hard benefit, soft benefit dan tulis sebanyak mungkin benefit sebelum feature.

selanjutnya ada 13 formula judul/headline untuk menjual, tapi disini saya tulis 8 aja
1.Manfaatkan jeda pengetahuan, maksudnya buatlah yang membaca headline jadi bertanya-tanya
2.Kumpulkan target pasar
3.Janjikan manfaat
4.Tuliskan tanggal/hari
5.tampilkan harga
6.Gunakan peringatan untuk menunda beli sesuatu
7. Jika perlu gunakan angka
8. Gunakan kata GRATIS!

Berikutnya ada website-website yang bisa dipakai untuk optimalisasi sosial media.
1. followerwonk.com ~> bisa dipakai untuk menganalisis segmentasi follower dari akun twitter kita,     termasuk waktu-wakti aktif ketika banyak yang online, bisa dikoneksikan dengan buffer.com
2. buffer.com ~> bisa dipakai untuk mengatur jadwal tweet atau update status di FB, jadi tweet kita atau update status akan muncul disaat jam-jam sibuk dimana sedang banyak yang online.
3. bitly ~> analisa statistik dari mana saja link kita di klik, bisa langsung dikoneksikan ke buffer.com juga
4. ubersuggest ~> sudah dijelaskan diatas
5. Alerts.google.com ~> untuk konten baru yang menarik

website-website diatas bisa dikolaborasikan dengan twitter dan FB untuk mengoptimalkan tweet atau status update untuk menjangkau target pasar, teknis nya tidak bisa dijelaskan lebih detail karena lagi-lagi harus dengan gambar dan praktek langsung.

Proses selanjutnya adalah membuat iklan di Facebook dengan tujuan untuk mempopulerkan link affiliate kita, iklan di facebook pun ternyata mudah dan murah, tapi sekali lagi, ini pun juga ada teknis,tips dan triknya yang tidak bisa dijelaskan via blog, karena butuh penyampaian lewat gambar dan praktek langsung!

Gimana, sudah paham?bingung?..namanya juga workshop,perlu latihan dan praktek langsung, tidak cukup dengan melihat penjabaran lewat tulisan saja, saya beruntung memperoleh info dan berkesempatan ikut workshop ini, karena diadakan di Surabaya cuma sekali saja, workshop selanjutnya akan diadakan di Bandung terus.

Kalau tertarik untuk menambah penghasilan lewat internet dengan cara yang mudah dan bisa langsung praktek, ikut aja workshopnya di bandung, untuk daftar klik aja ~> DAFTAR





twitter : @eka9876

 



1 comment:

  1. Permisi gan, mau sharing info, affiliate marketing juga :
    Green Warrior Indonesia tapi banyak ++nya

    BAGAIMANA MENDAPATKAN PENGHASILAN DENGAN CARA MENGKAMPANYEKAN PENANANAM POHON

    Komisi : Rp 120.000 setiap paket yang terjual (80% Cash langsung ke rekening, 20% Emoney yang bisa ditukar voucher telp, listrik, etc)

    Caranya :
    1. Beli paketnya dulu : http://goo.gl/J3xVtY
    2. Mendapatkan :
    a. Video Tutorial "FUNDAMENTAL STRATEGI MENGHASILKAN UANG MELALUI DIGITAL MARKETING"
    b. Video Tutorial " BAGAIMANA MENGHASILKAN 7 JUTA DALAM 7 HARI HANYA DENGAN MENAMAM POHON SECARA ONLINE"
    c. INI YANG PALING MENARIK : DITANAMKAN POHON JABON YANG NANTINYA MENDAPAT HASIL PANEN 5 DAN 10 TAHUN
    d. E-BOOK : cara gratis dan murah memperoleh traffic web yang besar
    e. E-BOOK : seni bagaimana membangun traffic internet
    f. Anda mendapatkan website yang sama dengan link referal anda yang dapat digunakan untuk marketing affiliasinya

    Program penanaman pohonnya sendiri ditangani oleh tenaga ahli kehutanan terbaik Indonesia, legalitas lengkap dan didukung pemerintah.

    Untuk payoutnya minimum menjual 2 paket yang langsung ditransfer dalam 2 hari ke rekening agan, jamin, garansi dan sudah 5 tahun terakhir tanpa pernah telat bayar

    Sistem affiliate marketing ini merupakan salah satu program dari Gerakan Amankan Bumi Penanaman Pohon - Green Warrior yang sudah terkenal dimana-mana

    Ayo kawan-kawan semua, mari kita kampanyekan penanaman pohon sekaligus mendapatkan komisi dan hasil dari penanamannya !

    ReplyDelete