Wednesday 16 May 2012

Grazie Il Capitano

Kenapa harus menjadi penggemar klub sepakbola dari negara lain yang bahkan nama kota asalnya kurang dikenal? Turin, nama kota di negara Italia, tentu kurang dikenal bila dibandingkan Roma atau pun Milan. Sebelum menjawab pertanyaan itu, saya harus tanya anda dulu, apakah anda hobi bermain sepakbola? kalau jawabannya tidak, setiap penjelasan saya hanya akan anda anggap berlebihan karena dari awal sudah tidak sepaham, kalau iya, tentunya anda tidak perlu jawaban dari saya, karena sudah sepaham dan pasti sudah tahu jawabannya,..hahaha,......
Keruwetan dan ketidakprofesionalan PSSI, isu jadi tunggangan politik yang semakin kuat setelah manajer Timnas diganti oleh seorang politisi dari parpol tertentu sungguh mengecewakan, dan kalau PSSI nya tidak beres, maka klub-klub yang dinaunginya juga sama saja ruwetnya, mulai dari dualisme kompetisi, pemborosan APBD, sampai tawuran antar pemain, antar offisial, antar suporter yang sangat memalukan, sampai-sampai saya berjanji tidak mau lagi nonton pertandingan sepakbola Indonesia di TV, di senayan atau di stadion manapun.

Cukup pelampiasan emosi nya, karena tulisan ini sebenarnya saya buat sebagai apresiasi untuk pemain favorit  Juventini(*sebutan untuk Fans Juventus) seluruh dunia. Dialah Alessandro Del Piero, yang pada hari minggu kemarin memainkan pertandingan terakhir serie A dengan seragam Juventus. Kualitas, loyalitas dan sportifitas adalah kata-kata yang pas untuk menggambarkan sosok Ale. Termasuk dalam FIFA 100 yang berisi list 125 pesepakbola terbaik sepanjang masa pilihan Pele, termasuk 50 pemain eropa terbaik selama 50 tahun terakhir versi UEFA Golden Jubilee poll, pemain Juventus dengan gol terbanyak sepanjang masa, pemain Juventus dengan caps terbanyak sepanjang masa, peraih golden foot, juara piala dunia dan masih banyak prestasi lainnya.
Presiden Juventus Andrea Agnelli sudah mengumumkan kalau musim ini (2011/2012) adalah musim terakhir Del Piero di Juventus dan kontraknya tidak akan diperpanjang, menandakan kebersamaan dengan Juventus telah berakhir setelah 19 musim.
Pesepakbola yang menginspirasi banyak orang terutama Juventini, baik di dalam maupun di luar lapangan, pesepakbola dengan banyak fans setia yang begitu tampak ketika Ale mendapatkan standing ovation terus menerus di pertandingan serie A terakhirnya di Juventus Arena, dan dilepas dengan begitu emosional oleh Juventini.

Grazie Ale, Grazie Il Capitano, Grazie Il Pinturicchio, I am your Big Fan

picture was taken from here


No comments:

Post a Comment