Monday 14 May 2012

Tikus, Kucing dan Anjing

Kurang sesuai rasanya kalau imej koruptor itu disamakan dengan tikus. Misal negara ini sebuah rumah, tikus hanyalah bagian subversi, tidak terlibat langsung dalam lingkup rumah, keberadaannya tidak diinginkan.
Lebih pas rasanya kalau digambarkan dengan kucing, karena kucing terlibat dalam lingkup rumah. Sifat alami kucing, walaupun setiap hari kita beri makan, lihat ikan di lemari pun akan dicurinya juga. Tapi mengingat kucing sering digambarkan sebagai hewan lucu, peliharaan favorit manusia dan jarang namanya disebut-sebut ketika orang mengumpat, terlalu "baik" kalau kita gambarkan koruptor seperti kucing.
Bagaimana kalau disamakan saja dengan anjing?rasanya tidak cocok juga karena anjing adalah hewan yang setia dan jarang atau tidak pernah mencuri makanan dari majikannya. Tidak bisa disamakan, karena koruptor adalah makhluk jenis lain yang derajatnya lebih rendah dari ketiga hewan itu, dan setiap orang punya potensi menjadi makhluk bernama koruptor kalau sudah terjangkit virus serakah. Orang dengan virus serakah akan berubah menjadi makhluk koruptor yang ganas dan sadis ketika bertemu dengan kesempatan.




1 comment:

  1. Dulu jaman Bung Karno, tahun 50 - 60 an memang koruptor itu di sebut kucing garong, gak tau sejak kapan berubah jadi tikus ya

    ReplyDelete